Kamis, 14 Juli 2011

Hindari Kecelakaan di Tempat Kerja

Setiap hari, ribuan pekerja mengalami kecelakaan, yang menyebabkan sakit dan cedera. Banyak cedera yang serius dan permanen dan beberapa menyebabkan kematian. Fakta yang menyedihkan adalah banyak dari kecelakaan ini tidak dapat dihindari.
Pencegahan terhadap kecelakaan di industri bukan hanya tanggung jawab orang yang ahli pada bidang tersebut. Setiap individu harus belajar tentang bagaimana bekerja tanpa melukai diri sendiri atau membahayakan rekan kerjanya. Usaha anda sangat penting dalam menjaga keselamatan di tempat kerja.   
Akibat dari Kecelakaan Industri
Kecelakaan menyebabkan kerugian pada setiap orang. Jika anda mengalami kecelakaan anda dapat menderita :
Sakit dan ketidaknyamanan
Kemungkinan berkurangnya pendengaran.
Terkucilkan dalam segala hal, di tempat bekerja, olah raga dan aktifitas sosial.

Perlunya Pencegahan Kecelakaan
Kecelakaan industri merupakan masalah yang serius bagi masyarakat. Setiap tahun ratusan dari ribuan orang tidak dapat bekerja sedikitnya satu hari dan hampir jutaan jam kerja hilang. Itulah mengapa pemerintah dan Organisasi Keselamatan melakukan penelitian tingkah laku atas penyebab kecelakaan dan mengenalkan praktek kerja yang aman.

Beberapa temuan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan :
Pekerja-pekerja muda dan orang yang baru dalam pekerjaannya cenderung akan mengalami kecelakan.
Dalam jangka waktu satu tahun, satu dari 34 orang pekerja mengalami kecelakaan, yang menyebabkan mereka tidak dapat bekerja lebih dari satu minggu.
        Dalam beberapa industri, kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih besar dibandingkan dengan industri yang lain. Anda dapat mengurangi resiko kecelakaan dengan belajar bekerja dengan aman.
       Kurang lebih dua dari tiga kecelakaan, menyebabkan cidera pada diri sendiri akibat ketegangan, terjatuh, terpeleset, kehilangan keseimbangan, tersandung, tertabrak atau kejatuhan benda, terburu-buru, atau membentur benda diam.
      Dengan mematuhi peraturan-peraturan keselamatan yang berlaku, anda dapat terhindar dari kemungkinan terluka.
Dengan mematuhi peraturan – peraturan Safety yang umum anda dapat menyelamatkan diri anda dari cedera. Topik ini adalah sebuah bntuan untuk mempelajari peraturan keselamatan. Peraturan keselamatan yang khusus untuk menggunakan hand tools dan machine tools diberikan pada modul pelatihan yang lain.

Penyebab Kecelakaan
Sebuah kecelakaan seringkali memiliki lebih dari satu penyebab. Kecelakaaan dapat dicegah dengan menghilangkan penyebabnya. Mengetahui penyebab kecelakaan sangatlah penting. Hal tersebut dapat membantu dalam merencanakan bagaimana untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang sama. Ada dua penyebab terjadinya kecelakaan :
Tindakan yang tidak aman
Kondisi yang tidak aman.


Kita dapat mengumpulkan banyak penyebab kecelakaan yang lain. Segala sesuatu yang dapat mengakibatkan kecelakaan disebut Hazard. Dengan mendengar atau melihat peringatan bahaya adalah langkah pertama menghindari kecelakaan. Tetap waspada terhadap hal – hal yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Tujuan menghilangkan penyebab dari kecelakaan secepat mungkin pada saat anda sadar, dengan melaporkannya ke atasan/supervisor Anda tanpa menunda-nunda, atau Anda menghilangkannya sendiri jika anda dapat melakukannya dengan aman.
 

ANDA BERPERAN PENTING PADA KESELAMATAN ANDA DAN ORANG LAIN !!

0 komentar:

Posting Komentar