Selasa, 12 Juli 2011

Cooling system


Sistem pendingin engine bertanggung jawab untuk menjaga suhu engine agar selalu berada pada suhu operasi. Hal itu diperlukan karena engine akan beroperasi optimum pada suhu operasinya. Sistem pendingin mensirkulasikan cairan pendingin ke seluruh engine untuk membuang panas yang timbul akibat pembakaran dan gesekan. Sistem pendinginan menggunakan dasar pemindahan panas. Panas selalu pindah dari sumber panas yang lebih tinggi ke sumber panas yang lebih rendah (dingin). Sumber panas dan media pemindahan panas dapat berupa logam, cairan atau udara. Apabila perbedaan suhu tersebut semakin jauh maka makin banyak panas akan berpindah.

Komponen dasar Cooling System :
a.       Water Pump,
b.      Oil Cooler.
c.       Lubang-Lubang Pada Engine Block Dan Cylinder Head.
d.      Temperatur Regulator Dan Rumahnya.
e.       Radiator
f.       Radiator Cap.
g.      Hose serta pipa-pipa terhubung. 

a.   Water Pump
Water pump berfungsi mensirkulasikan cairan pendingin (coolant) supaya mengalir ke seluruh system pendinginan dan menyerap panas yang timbul. Beberapa jenis Water pump digerakkan langsung oleh gear yang berada pada front housing dan ada juga yang digerakkan oleh Vee belt yang terhubung ke pulley di bagian depan.

b.   Oil Cooler 
Dari saluran keluar water pump, cairan pendingin mengalir ke oil cooler. Oil cooler terdiri dari satu set tabung dalam rumahnya. Pada contoh ini cairan pendingin mengalir melalui tabung-tabung membuang panas oli yang ada di sekeliling tabung. Oil cooler membuang panas dari oli pelumas sehingga sifat-sifat dan konsentrasi oli tetap terpelihara.

c.   Jacket Water
Saluran coolant yang terdapat disekeliling block engine dan cylinder head disebut jacket water. Jacket water merupakan ruangan besar pada block dan head yang mengelilingi cylinder pada engine. 

Ruangan ini normalnya dipenuhi coolant untuk menjaga agar suhu engine merata. Karena seluruh permukaan jacket water terdiri dari logam besi maka air sebagai media pendingin harus di campur dengan zat kimia anti karat atau disebut juga coolant conditioner.
  
d.   Water Temperatur Regulator
Water temperatur regulator atau thermostat mengatur aliran coolant menuju radiator. Saat engine dalam kondisi dingin, thermostat menutup aliran air menuju radiator dan coolant dari engine akan dialirkan menuju water pump melalui bypass tube lalu kembali ke engine. Ini akan membantu agar engine dapat mencapai suhu kerja dengan cepat. Saat engine panas, thermostat akan mengalirkan air menuju radiator untuk didinginkan sebelum memasuki engine. Thermostat tidak secara penuh membuka atau menutup, tetapi berada dalam posisi keduanya untuk mempertahankan agar suhu engine tetap konstan. Suhu engine yang tepat sangatlah penting. Engine yang terlalu dingin tidak akan bekerja menghasilkan suhu yang cukup tinggi untuk mendapatkan pembakaran yang effisien dan akan menyebabkan munculnya endapan pada sistem pelumasan engine. Engine yang terlalu panas akan menyebabkan engine panas (overheat) dan menyebabkan kerusakan yang serius pada engine.
  
           e. Radiator
Radiator merupakan komponen sistem pendingin yang melepaskan panas pada coolant ke udara. Radiator memiliki tube sebagai tempat mengalirnya coolant, yang umumnya dari atas ke bawah. Pada bagian bawah radiator terdapat hose yang menghubungkan radiator dengan pompa. Pada tube terdapat fins untuk membantu mempermudah melepaskan panas ke udara saat udara melewati fins radiator. Ukuran radiator sudah diperhitungkan oleh pabrik sesuai kemampuannya membuang panas yang sangat ditentukan oleh performa engine. Aliran udara diperoleh dari kipas (fan) yang digerakkan oleh Vee belt atau fan motor.

         f.    Radiator Cap

 
Komponen sistem pendingin yang mungkin paling dilupakan adalah radiator cap (pressure cap). Pressure cap memiliki relief valve yang menjaga agar tekanan pada sistem pendingin tidak melebihi tekanan yang diinginkan. Pressure cap mempertahankan tekanan pada sistem pendingin. Sistem pendingin dibuat bertekanan dengan tujuan :
1.      Supaya aman beroperasi pada daerah ketinggian.
2.      Sistem pendingin dapat beroperasi pada temperatur diatas temperatur titik didih air yang normal karena pada beberapa engine yang dilengkapi dengan safety device, sehingga apabila temperatur coolant naik melebihi titik didih air maka dengan adanya radiator cap, cairan pendingin tidak mendidih.
3.      Dengan adanya tekanan pada sistem pendingin maka gelembung udara yang dapat menyebabkan kavitasi relatif berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar