Kamis, 14 Juli 2011

BIASAKAN OLAHRAGA KECIL BAGI MEREKA YANG SUKA DI DEPAN KOMPUTER

Masyarakat perkotaan saat ini sering sekali menyepelekan pentingnya olahraga. Tidak ada waktu untuk berolahraga merupakan alasan klasik bagi mereka. Padahal berolahraga tidak selamanya harus menyisihkan waktu khusus kemudian berolahraga ditempat khusus. Olahraga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Anda dapat melakukan olahraga ringan disela-sela waktu kesibukan Anda. 


Ada beberapa gerakan ringan yang cukup membantu tubuh Anda. Kita dapat meniru gerakan ringan yang sering dilakukan oleh Bruce Lee seorang atis yang dijuluki KING OF KUNGFU. Yang pertama adalah untuk tangan, kepalkan kedua tangan Anda dan posisikan siku Anda dalam keadaan 90 derajat kemudian tahan selama 3 menit dan kendurkan. Gerakan yang berikutnya adalah untuk perut, kencangkan perut Anda, tahan selama sekitar tiga menit kemudian kempiskan. Gerakan terahir untuk perut sekaligus punggung, kencangkan keduanya dan tahan selama kurang lebih 3 menit kemudian kendurkan. Ulangi kegiatan ini sampai beberapa kali.

Olah raga ringan lainnya adalah streching atau peregangan. Gerakan ini dapat Anda lakukan saat Anda istirahat makan siang atau saat Anda akan mulai bekerja. Tarik semua bagian tubuh Anda seperti tangan, kaki dan seluruh tubuh kemudian tahan selama 3 menit. Kendurkan dan ulangi beberapa kali.
Atau selain gerakan ringan tadi Anda dapat bersepeda saat berangkat ke kantor. Memang tidak semua orang mau melakukannya, akan tetapi bila dilihat dari segi kesehatannya bersepeda memiliki manfaat yang besar.
Walaupun terlihat remeh akan tetapi gerakan-gerakan tadi sangat bermanfaat membantu tubuh Anda. Banyak orang seperti ahli komputer dan orang kantor pada umumnya yang bekerja dari pagi sampai sore di depan komputer mengeluhkan pegal-pegal pada punggung serta kaku pada otot-otot tubuh. Ini disebabkan terlalu lama duduk saat bekerja membuat pembuluh-pembuluh darah tersumbat. Gerakan-gerakan olah raga ringan dapat membantu menguranginya.

Untuk tetap sehat dengan berolahraga tidaklah harus dilakukan ditempat dan waktu khusus. Bagi Anda yang merasa tidak memiliki waktu cukup untuk berolahraga berat Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan yang dapat membantu tubuh Anda agar tidak pegal-pegal. Dan pastinya kesehatan adalah idaman semua orang.

0 komentar:

Posting Komentar