Rabu, 13 Juli 2011

FUEL SYSTEM




Fungsi utama fuel system adalah memberikan bahan bakar yang bersih pada  waktu pembakaran yang tepat (injection timing)  dan mengatur jumlah bahan bakar (fuel delivery) sesui kebutuhan putaran engine/horsepower yang diperlukan. Jumlah bahan bakar yang dibakar di dalam engine berhubungan langsung terhadap jumlah horsepower dan torque yang diperlukan. Secara umum, bertambah banyak bahan bakar yang diterima engine, maka bertambah torque yang tersedia pada flywheel.

Hingga saat ini jenis sistem bahan bakar yang dipergunakan Caterpillar terdiri dari empat prinsip dasar, yaitu :
1.    Pump & Line
2.    Mechanical Unit injector ( MUI )
3.    Mechanical Actuated Electronic Unit Injector ( MEUI/EUI )
4.    Hydraulically Actuated Electronic Unit Injector ( HEUI )
 

Hingga saat ini jenis sistem bahan bakar yang dipergunakan Caterpillar terdiri dari empat prinsip dasar, yaitu :
1.    Pump & Line
2.    Mechanical Unit injector ( MUI )
3.    Mechanical Actuated Electronic Unit Injector ( MEUI/EUI )
4.    Hydraulically Actuated Electronic Unit Injector ( HEUI )

1.2.1        Mechanical Unit Injector (MUI)
Dengan adanya peningkatan standar customer terhadap engine diesel dengan performa dan standar emisi gas buang yang bagus, Caterpillar memproduksi engine diesel dengan proses pembakaran yang lebih sempurna didalam silinder. Salah satu cara menyempurnakan pembakaran adalah dengan meningkatkan tekanan penginjeksian bahan bakar.
Sistem bahan bakar Mechanical actuated Unit Injector memberikan peningkatan performa dan emisi bila dibandingkan dengan sistem bahan bakar yang menggunakan pompa dan saluran bertekanan tinggi (pump & line fuel system).

MUI sistem memiliki keunggulan yaitu :
1.    High pressure fuel lines tidak dipergunakan lagi sehingga injection pressure dapat ditingkatkan mencapai 23,000 psi jika dibandingkan dengan sistem pump & line yang hanya 17,000 psi.
2.    Fuel injection pump dan injector tergabung dalam satu unit pada masing-masing silinder sehingga konstruksinya lebih sederhana.
Disamping keunggulannya, sistem ini masih memiliki keterbatasan antara lain :
1.    Tidak adanya timing advance sebagai pengontrol injection timing.
2.    Walaupun injector secara mekanis diaktifkan oleh rocker arm, tetapi untuk mengatur fuel rate masih dikontrol oleh hydra mechanical governor.

·         Komponen utama sistem MUI, yaitu :
1.      Fuel transfer pump
Kegunaan yang utama dari fuel transfer pump adalah untuk menjaga pasokan bahan bakar yang bersih di dalam sistem bahan bakar.
2.      Primary Fuel Filter
Primary fuel filter berfungsi menyaring kotoran kasar yang terdapat di dalam bahan bakar.
3.       Secondary Fuel Filter
Secondary fuel filter/final fuel filter berfungsi menyaring partikel hingga ukuran 2 micron.
Tidak seperti filter oli, maka filter bahan bakar tidak mempunyai bypass valve. Apabila filter menjadi buntu, maka aliran bahan bakar berhenti dan engine akan mati. Hal ini untuk melindungi engine dari bahan bakar yang kotor.
4.      Fuel Pressure Regulator
Fuel Pressure Regulator berfunsi mengatur Tekanan fuel di fuel gallery sebesar 25-60 psi.
5.      Tanki bahan bakar  (Fuel tank)
Tanki bahan bakar atau fuel tank adalah tempat menyimpan bahan bakar.
6.      Fuel Injector MUI
Berfungsi untuk menyemprotkkan bahan bakar sesui waktu dan jumlah bahan bakar yang diperintahkan. Setiap unit injector MUI mempunyai fuel rack masing-masing, yang diatur oleh governor melalui control shaft yang menggerakkan semua unit injector secara simultan (serempak).
1.2.2        Mechanical Actuated Electronic Unit Injector (MEUI /EUI)
EUI merupakan langkah maju pengembangan sistem bahan bakar  dan terbukti ketangguhan dan kemampuannya. System electronic unit injector menggunakan injektor diatas masing-masing silinder untuk menginjeksikan bahan bakardan dan electronic control module(ECM) untuk mengontrol jumlah bahan bakar(fuel delivery)dan waktu penginjeksian (injection timing). Electronic unit injector menggunakan mekanisme rocker arm untuk menekan tappet yang dibutuhkan untuk menaikkan tekanan fuel didalam unit injector. Rocker arm digerakkan secara mekanis oleh camshaft dan untuk beberapa jenis engine menggunakan perantara lifters dan push rod.
·         Komponen utama System Electronik Unit Injector
1.      Tanki bahan bakar  (Fuel tank)
Tanki bahan bakar atau fuel tank adalah tempat menyimpan bahan bakar.

2.      Primary Fuel Filter
Primary fuel filter berfungsi menyaring kotoran kasar yang terdapat di dalam bahan bakar.

3.      fuel transfer pump
Kegunaan yang utama dari fuel transfer pump adalah untuk menjaga pasokan bahan bakar yang bersih di dalam sistem bahan bakar.

fuel transfer pump(1) dan secondary fuel filter(2)

4.      Final Fuel Filter/ Secondary Fuel Filter

Secondary fuel filter/final fuel filter berfungsi menyaring partikel hingga ukuran 2 micron.

Tidak seperti filter oli, maka filter bahan bakar tidak mempunyai bypass valve. Apabila filter menjadi buntu, maka aliran bahan bakar berhenti dan engine akan mati. Hal ini untuk melindungi engine dari bahan bakar yang kotor.

5.      fuel gallery/fuel line

Berfungsi menyalurkan bahan bakar sesui dengan urutan dan aliran pada sistem bahan bakar.

6.      Fuel Pressure Regulator

Fuel Pressure Regulator berfunsi mengatur Tekanan fuel di fuel gallery sebesar 25-60 psi.



7.      ECM

Otak pada engine elektronik adalah ECM. ECM berfungsi sebagai governor dan komputer sistem bahan bakar. ECM menerima semua sinyal dari sensor-sensor dan mengirimkan arus ke solenoid untuk mengatur timing dan engine speed.
electronic control module

ECM memiliki tiga fungsi dasar:

·         Memberi tegangan untuk bekerjanya komponen-komponen seperti sensor dan injector.

·         Memantau sensor - sensor dan switch

·         Mengatur engine speed dan tenaga



8.      Sensor

Berguna untuk mendeteksi dan mengubah informasi tekanan, temperatur, kecepatan  dan gerakan mekanikal  kedalam bentuk sinyal listrik sehingga dapat terbaca oleh sistem control/ECM.

 sensor

9.      Fuel Injector

Adalah komponen yang berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Injector pada system EUI diatur oleh ECM sebagai pengatur Timing dan duration fuel control melalui solenoid yang di energize.

 Fuel Injectors

9 komentar:

kk mau nanya sitem mana yg duluan yg di lumasi oleh siste pelumasan??? tolong di balas kk

yang pertama di lumasi oleh lubricaion system adalah lubricaion system itu sendiri mas, karena oli dipompa oleh engine oil pump dan engine oil pump adalah gear pump, sehingga selain gear pump memopa oli ia secara langsung juga di lumasi oleh oli tersebut.

baru tahu ada istilah MUI di sistem bahan bakar :D

apa penyebab utama oli pada engine cepat habis dan berasap tebal...?
tolong sharenya donk....!

apa penyebab utama oli pada engine cepat habis dan berasap tebal...?
tolong sharenya donk....!

arifan dinata says:
pertama kali dilumasi adalah Turbo klo tersedia klo tidak ada camshaft karna tidak punya cross hatched dan dilanjutkan piston.

Gearz Area says: 7 April 2015 19.05 Reply
bukan mui tapi eui

Auliya Rachman berarti ada kebocoran oli bisa berasal dari gasket penampungan oli,jalur lubrikasi yang bocor atau oli bocor diruang pembakaran sehingga oli ikut terbakar bisa seal valve ring grove thrus skirt piston dan dinding liner baret atau ada keretakan di head

perbedaan fuel filter primary dan secondary itu aja? . kalau bisa minta nomor WA nya kak , banyak yg saya mau tanyakan untuk buat laporan sekolah

Posting Komentar